> Memahami Keganasan Virus

Memahami Keganasan Virus

Posted on Sabtu, 07 April 2012 | Comments Off

Banyak orang yang tidak paham apa itu virus yang sebenarnya. Dan akibatnya mereka memiliki rasa takut yang berlebihan akan bahaya virus. Orang yang khawatir akan hal tersebut biasanya adalah orang yang tidak paham bahwa perangkat komputer terdiri dari perangkat keras (hadrware) dan perangkat lunak (software). orang menganggap virus merusak komputer, Anggapan seperti itu memang benar, tetapi kita tidak boleh merasa takut dan khawatir yang berlebihan, mengingat virus hanya merusak software
yang jauh lebih mudah dan amat sedikit kerugiannya dari pada kerusakan yang terjadi pada hardware. dari pada kita takut dan khwatir akan virus lebih baik kita khawatir akan ketidakstabilan daya listrik yang kita gunakan untuk komputer kita karena ketidak stabilan daya listrik akan mempercepat kerusakan pada hardware.

Mengenal Virus secara sederhana

Virus tidak lain adalah program layaknya, Photosop, mozilla, Ms. word, dan program lainnya. yang membedakan virus dan program- program tersebut adalah fungsinya. Jika fungsi program-program tersebut antara lain mengedit image atau gambar, membuat dokumen, dan berowsing. berbeda dengan Fungsi virus, Virus fungsi utamanya adalah untuk tujuan tujan negatif seperti menghapus file, merusak sistem, dan tujuan negatif lainnya. tapi ada sebagian orang yang menggunkan virus untuk tujuan semi positif seperti menyebarkan pesan sosial, dan bahkan ada yang memfungsikan sebagai expresi rasa cintanya dan mengingatkan waktu shalat, nama virusnya adalah virus “pray” bila mana virus tersebut terintall di komputer kita, maka jam dikomputer kita selalu menunjukan pukul 05:15, 13:00, 16:00, 18:30, dan atau 19:45 yang merupakan waktu shalat. . Perbedaan lain dari virus dan program lainnya adalah biasanya virus memiliki kemampuan auto run dan auto copy. auto run artinya virus itu dapat berjalan sendiri dikomputer kita tanpa harus kita install, sedangkan auto copy artinya virus dapat memperbanya diri.

Lalu Apa Bahaya dan kerugian yang disebabkan oleh Virus??

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa virus merupakan program yang dibuat untuk tujuan negatif. Virus adalah program yang merusak program, program yang dirusak tergantung jenis virusnya, misalnya virus torajan merusak dokumen, Virus bocah siantar yang merupakan virus indonesia yang membuat mose tidak bisa klik kiri. Dari beberapa bahaya virus, namun yang paling fatal (menurut penulis) adalh jika virus tersebut menyerang dan menghilangkan data-data kita. Jika Virus menyerang program sperti mozilla, photo shop maka kita secara mudah dapat menginstall kembali, Tapi bila data data kita kita yang terserang virus dan kemudian data-data itu hilang rusak atau hilang siapakah yang bisa mengembalikan. Apa lagi data tersebut yang merupakan data penting yang dibuat dari sekian tahun yang lalu, sungguh merupakan hal yang fatal dan merugikan.

Back Up Data Adalah Cara Paling Aman ?

Untuk mengatasi dan mencegah virus menginfeksi komputer kita biasanya kita menggunakan anti virus. Namun anti virus bukanlah cara yang mutlak untuk mengatasi permasalahan virus. Anti virus biasanya memproteksi komputer kita dari serangan virus yang memang sudah dikenalnya, namun untuk virus yang baru maka tidak akan dideteksi oleh anti virus tersebut. Padahal virus selalu Up date tanpa diketahui kapan ia akan dibuat, siapa pembuatnya, dan menggunakan sistem apa. dengan begitu maka cara yang paling ampuh untuk keamanan data kita adalah dengan cara memback-upnya. Kita bisa membuat salinan ke dalam CD secara berkala. dengan demikian kita tidak perlu takut akan keamanan data dan bahaya virus.






tecno. Diberdayakan oleh Blogger.

tentang diriku

Pengikut